Tips Gunakan Pipa SCH 40

Anda tentu perlu menggunakan pipa pressure tinggi untuk kebutuhan industri. Salah satu pilihan pipa standar industri yang paling baik adalah pipa SCH 40.

Jika Anda perlu tips yang paling baik dalam gunakan pipa ini, mari bahas bersama tentang ini dalam artikel berikut:

Ketahui Jenis Pipa yang Akan Dipilih

Saat ingin gunakan pipa schedule 40 ini, pastikan dulu jenis yang akan digunakan. Pipa ini dibagi dua jenis. Jenis pertama adalah welded dan yang kedua adalah seamless.

Pipa jenis welded tidak akan kuat digunakan untuk transfer material panas dan ber-pressure tinggi. Karena ada unsur las-nya, pipa ini lebih lemah secara struktur. Kelebihannya hanya terletak pada keseragaman dan harga yang lebih terjangkau.

Untuk jenis pipa seamless, pipa ini lebih kuat karena dibuat dengan melubangi besi silinder solid. Walaupun begitu, harganya jauh lebih tinggi dan terkadang tidak seragam ketebalannya. Karena dibuat dengan proses casting, bagian dalam pipa terkadang tidak halus karena memuai.

Perhatikan Sambungan Pipa

Saat menggunakan pipa SCH 40, pastikan juga untuk melihat jenis sambungan. Pipa ini terbuat dari baja, tapi untuk sambungan, Anda bisa gunakan bahan berbeda yang lebih lentur. Tapi ingat, material penyambung ini harus disesuaikan.

Bahan sambungan tidak harus berbahan baja sama, tapi untuk koneksi, pastikan teknik yang baik. Hal seperti las, penggunaan kunci atau bahkan lem pipa biasa, tentu menjadi contoh yang sering digunakan. Pastikan sambungan ini sesuai dengan kebutuhan.

Selalu Lakukan Pengukuran dan Uji Coba Setelah Pemasangan

Untuk memastikan fungsi pipa tidak bermasalah, selalu usahakan pengukuran tekanan saat selesai instalasi. Masalah pipa bocor karena pemasangan yang tidak baik, biasanya akan terlihat dari tekanan yang rendah.

Selain itu, Anda bisa lakukan beberapa simulasi uji coba untuk memastikan setiap bagian pipa bekerja baik. Mulai dari sambungan, valve dan alat pengukur tekanan, bisa saja bermasalah saat dipasang. Jika tidak diuji coba langsung, Anda tidak akan tahu.

Sekian bahasan tentang tips – tips menggunakan pipa SCH 40. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *