sambungan baja ringan

Hal Penting terkait Sambungan Baja Ringan

Salah satu jenis atap ataupun pagar rumah atau suatu bangunan adalah dari bahan baja ringan, yang awet karena anti karat, ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan, juga cukup kuat jika desainnya benar dan dihitung dengan tepat secara presisi dengan teliti terkait bebannya dan juga dipasang dengan benar, selain itu harganya juga terjangkau dan bahkan bisa lebih murah daripada bahan yang lainnya seperti kayu, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah hal penting terkait sambungan baja ringan.

Persiapkan Peralatannya

Pertama-tama, siapkan berbagai peralatan penyambungan baja ringan yang diperlukan untuk menyambung setiap batang dari balok baja ringan, yakni seperti drilling screw ataupun sekrup yang bentuk ujungnya mirip seperti mata bor.

Desain atau Rancang Atap dengan Benar dan Presisi

Kemudian desain atau rancang bentuk atap sesuai bebannya dengan tepat, teliti dan presisi, karena desain yang salah hitung akan bisa berakibat fatal, yakni robohnya atap. Guna merancangnya ada software yang bisa membantu untuk menggambar bentuknya dan lalu juga menghitung kebutuhan baja ringannya. Lalu hitung juga ukuran dan jumlah batang baja ringan sesuai kebutuhan.

Potong Batang Baja Ringan sesuai Kebutuhan

Selanjutnya siapkan bahan atau batang baja ringan yang sudah dipotong sesuai dengan ukurannya.

Sambung Batang-batang Baja Ringan dengan Benar

Lalu guna lebih memudahkan dalam  perangkaiannya maka  bisa letakan seluruh batang baja ringan tersebut di suatu bidang yang luas, lalu susun batang-batang baja ringan tersebut sesuai dengan desainnya. Jika sudah tepat dan benar maka bisa segera dimulai proses penyambungan dan pemasangannya. Sambungan antara batang baja ringan tersebut dikuatkan dengan menggunakan sekrup dengan mata yang tajam. Jumlahnya bisa tiga buah guna menghasilkan atap baja ringan yang kuat dan kokoh tersambung dengan erat antar bagiannya. Jadi jika ada satu buah sekrup yang terlepas maka masih terdapat dua lagi sekrup pengikat yang lainnya. Sedangkan pada tumpuan konstruksi baja ringan yakni pada kuda-kudanya disambungkan ke ring batang baja ringan dengan mempergunakan dynabolt, dengan terlebih dahulu mengebor betonnya. Jika dynabolt telah dipasang di tempatnya, lalu kencangkan baut-bautnya sehingga batang dynabolt akan tertarik dan lalu pada bagian sayapnya akan dapat mencengkeram beton dengan secara kuat, atau bisa juga dengan cara menyambung bracket ke kuda-kuda lalu baru kemudian dipasangkan ke tembok. Lalu kencangkan bautnya dengan teliti hingga benar-benar bisa menarik bagian rangka baja ringan yang akan menempel pada bagian temboknya.

Itulah hal penting terkait sambungan baja ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *